Home » » MENENTUKAN AWAL PUASA

MENENTUKAN AWAL PUASA

Posted by Jendela Islam on Minggu, 02 April 2023

 




Menentukan Awal Ramadhan

Mengetahui kapan tanggal 1 ramadhan bisa dengan beberapa cara, yaitu: ruyatul hilal/melihat bulan tanggal 1, atau dengan Menggenapkan jumlah hari bulan syaban menjadi 30 hari, atau dengan Metode Hisab.

1.       Metode Ru’yatul Hilal

Cara ini adalah dengan melihat bulan, apakah hilal sudah terlihat atau belum, jika hilal terlihat maka besok adalah hari pertama Ramadhan, dan jika hilal tidak terlihat karena cuaca mendung atau yang lainnya, maka bisa dengan cara yang kedua, yaitu menggenapkan bulan syaban menjadi 30 hari.

 

2.       Istikmalu Sya’ban

Jika hilal tidak terlihat, maka bulan syaban digenapkan menjadi 30 hari. Artinya besok masih bulan syaban dan tanggal satu Ramadhan adalah sehari setelahnya. Metode ini dilakukan jika cuaca mendung atau hilal tertutup awan.

 

3.       Metode Hisab

Adalah dengan melakukan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal atau akhir bulan.

Metode ini satu-satunya metode yang bisa dilakukan jauh hari sebelum mendekati waktu Ramadhan, bahkan bisa setahun sebelumnya dan jauh dari itu.

 

 


Thanks for reading & sharing Jendela Islam

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian Blog