Home » » PENJELASAN SYARAT-SYARAT PUASA

PENJELASAN SYARAT-SYARAT PUASA

Posted by Jendela Islam on Kamis, 30 Maret 2023

 






Penjelasan Syarat-Syarat Puasa

Syarat wajib puasa ada 6:

1.       Islam, selain orang islam tidak ada kewajiban puasa.

2.       Berakal, orang yang hilang akalnya/gila tidak dibebani syariat, maka dia tidak wajib puasa.

3.       Baligh, anak kecil yang sudah mumayyiz/bisa membedakan hal baik dan buruk tetap tidak wajib puasa karena belum baligh, namun tetap diajarkan untuk berpuasa, agar Ketika sudah baligh nanti tidak merasa berat untuk melakukan puasa.

4.       Sehat, orang yang sakit tidak wajib berpuasa, namun ada beberapa kondisi, jika sakitnya tidak memungkinkan untuk sembuh, maka diganti dengan membayar fidyah, jika sakitnya ada harapan sembuh, maka diganti dengan puasa di hari yang lain.

5.       Iqamah/muqim atau tidak sedang dalam perjalanan, orang yang sedang safar atau dalam perjalanan jauh maka tidak wajib baginya puasa, tapi wajib menggantinya di hari yang lain, dan Batasan jarak perjalan tersebut minimal adalah 81 km.

6. Suci dari haid dan nifas (Bagi perempuan)

Dalilnya adalah firman Allah berikut ini:

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ

“Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain.” (QS. Al-Baqarah: 184)

 

Syarat Sah Puasa Ada Dua:

1.       Suci dari haid dan nifas, wanita yang sedang haid maka tidak sah jika berpuasa, begitu juga Wanita yang sedang nifas. Namun tetap wajib menggantinya di hari yang lain.

Catatan: bagi orang yang junub di malam hari, maka tidak mengapa baginya untuk sahur terlebih dahulu kemudian baru mandi junub, meskipun sudah adzan subuh. Puasanya tetap sah.

2.       Niat, niat menjadi syarat sah karena niat tersebut menjadi pembeda antara ibadah dengan adat/kebiasaan.

 

 

 

 


Thanks for reading & sharing Jendela Islam

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian Blog