Home » » ADA APA DI BULAN RAMADHAN?

ADA APA DI BULAN RAMADHAN?

Posted by Jendela Islam on Senin, 27 Maret 2023

 


Ada Apa di Bulan Ramadhan?

Ada banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan, dan ini juga menjadikan ramadhan bulan yang mulia dibanding bulan lain, berikut diantara peristiwa-peristiwa penting tersebut:

1.       1. Bulan dimana Al-Qur’an diturunkan

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ

 “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an.” (Al-Baqarah 185)

 

Dalam tafsir ibnu katsir disebutkan bahwa pada bulan Ramadhan juga kitab-kitab yang lain diturunkan, seperti: suhuf Ibrahim, zabur, taurat dan injil.

 

2.      2.  Ada malam lailatul qadr

Allah telah sebutkan bahwa malam tersebut lebih baik dari seribu bulan, malam dimana para Malaikat turun ke bumi,dan Kenapa malam tersebut disebut sebagai lailatul qadr?

Sebab Allah turunkan pada malam tersebut Al-Quran yang di dalamnya mengandung kemuliaan, dan turun kepada Nabi yang mulia, di malam yang penuh dengan kemuliaan, dan turun kepada ummat yang mulia.

Dan ketahuilah bahwa siapa saja yang menghidupkan malam tersebut dengan beribadah kepada Allah maka Allah akan ampuni semua dosa-dosanya, sebagaimana hadits Nabi,”barangsiapa yang menghidupkan malam laitul qadr dengan ibadah, maka Allah akan ampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

3.    3.  Perang badr terjadi di bulan Ramadhan

Perang badr terjadi di hari ke 17 bulan Ramadhan tahun kedua hijriyah. Sebagaimana Allah sebutkan dalam firmanNya dan menyebutnya sebagai hari furqon,

 

يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِ

“…..di hari furqon, hari dimana bertemunya dua pasukan.” (QS. Al-Anfal:41)

 

Hari dimana pasukan kaum muslimin dimenangkan oleh Allah, dan dihancurkannya kaum musyrikin. Hari yang menunjukkan kepada kita betapa mulia dan hebatnya keimanan para sahabat Nabi, dan betapa sabarnya mereka dalam menghadapi musuh-musuh islam, sehingga Allah menangkan mereka atas kaum musyrikin meskipun dengan persiapan yang seadanya dan dengan pasukan yang sedikit jumlahnya.

4.      4.  Penaklukan kota mekah /fathu Makkah

Pada hari ke 11 di bulan ramdhan tahun ke 8 hijriyah, dengan izin Allah kaum muslimin menaklukan kota mekah tanpa pertumpahan darah, hari itu adalah hari dimana berhala-berhala dihancurkan, kesyirikan dimusnahkan dan untuk pertama kalinya kalimat tauhid dikumandangkan dari atas kabah oleh sahabat Bilal Bin Rabah, beliau naik ke atas kabah kemudian mengumandangkan adzan. Allahu Akbar, Allahu Akbar.

Dari sini kita mengetahui bahwasannya bulan Ramadhan itu mengandung sejarah yang mulia juga ibadah, jihad dan kemenangan.

 

 

 

Thanks for reading & sharing Jendela Islam

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian Blog